mengukur

Posted: 11th December 2011 by tupic in automotive, tips and trick (soktau)
Tags: , , ,

mengukur dalam bahasa jawa bisa berarti menggaruk. tapi postingan saya kali ini ndak ada hubungannya sama garuk menggaruk.. yang bingung diperbolehkan menggaruk kepalanya..

punya kendaraan bermotor? punyaaa.. pernah terpikir ndak berapa konsumsi bahan bakar kendaraan sampeyan? pernaaahhh… pernah terpikir ndak gimana cara mengukur yang gampang? pernaaaahhh.. udah tau caranya? udaaaahh.. yaudah kalo udah tau ndak usah diterusin bacanya.. kan udah tau?

hehe.. ndak papa denk.. yang udah tau boleh baca, buat nambah nambah ilmu, yang belum tau boleh lanjut baca, biar tau cara gampang mengukur konsumsi kendaraan bermotor sampeyan…

sebelumnya konsumsi bahan bakar itu apa to? nha itu adalah jauhnya jarak yang ditempuh kendaraan bermotor sampeyan tiap satuan volume bahan bakar.. bahan bakar murni lho ya.. bukan bahan bakar campur dorong.. nha satuannya biasanya adalah km/lt (kilometer per liter). itu satuan yang sering dipake di Indonesia.. tapi ada juga mil/gal (mil per galon), tergantung dimana satuan itu digunakan.. yang penting adalah satuan jarak per satuan volume..

nha berhubung tutorial ini *jiaaahh tutorial* berhubungan dengan jarak, maka sebelumnya saya mo kasi liat gimana cara mengukur jarak tempuh kendaraan sampeyan.. di beberapa kendaraan keluaran terbaru, seperti yamaha vixion, di panel odometer udah ada tampilan untuk mengukur jarak tempuh kendaraan, yang namanya tripmeter, dan ada tombol reset untuk meng-nol-kan jarak tempuh.. display ini biasanya ada di dekat display odometer..

odometer yamaha vixion

nha secara motorku motor ndak canggih, ndak ada itu namanya tripmeter. tapi ndak perlu kuatir, kan bisa diukur manual, dengan menyelisihkan jarak awal dan jarak akhir di odometer.. cara baca angka angkanya juga gampang koq.. angka yang paling kanan itu angka tiap ratusan meter.. nomor dua dari kanan, tiap 1km.. ketiga dari kanan, tiap 10km.. begitu seterusnya kelipatan 10 sampai angka paling kiri..

kembali ke laptop!! eh salah maksudnya ke urusan ukur mengukur konsumsi bahan bakar tadi..

jadi gimana cara mengukurnya.. nha cara yang paling gampang gini nih..

  1. kosongkan isi tangki bahan bakar kendaraan sampeyan
  2. catet angka nolkan angka tripmeter atau catat angka odometer, bagi yang ndak ada tripmeternya
  3. isi tangki kendaraan sampeyan 1 liter aja
  4. jalan keliling kota -desa juga boleh- sampe kendaraan sampeyan kehabisan bahan bakar.
  5. liat angka di tripmeter atau catat angka di odometer, kemudian selisihkan. itulah jarak tempuh kendaraan dengan 1 liter.

lha terus kalo mau jalan lagi gimana? lha wong kehabisan bahan bakar? ya kalo habisnya di deket yang jual bahan bakar.. kalo habisnya di jalan sepi? belum lagi kalo gelap.. dan bla bla bla lainnya.. ribet kan? ya iya lah.. mangkanya jangan pake cara itu.. ada cara lain yang serupa tapi tak sama..

nha ini saya praktekkan ke bluekuthux, temen ngelencer saya..

  1. isi tangki bahan bakar kendaraan sampeyan sampe full.. gampang, tinggal ngelencer ke pom bensin, bilang isi full.. gampang to? tapi ndak gampang kalo lagi bokek..
  2. reset angka di tripmeter (kalo ada) atau catet penunjukan angka di odometer.. nyatetnya pake apa? boleh pake kertas ditulis, ato pake gadget sampeyan.. jaman cenggih gini masa hape sampeyan kaga bisa buat nyatet? kalo ndak bisa kasih saya aja sini..
    Di odometer saya 8914.0 km
  3. silakan keliling kota, desa, benua atau dunia kalo perlu.. asal jangan sampe kehabisan aja.. bisa jadi bensin campur dorong.. jadi odong odong deh..
  4. mampir lagi ke pom bensin ketika indikator bensin berkurang signifikan.. ndak perlu harus habis sih.. setengah boleh, tiga per empat juga monggo.. suka suka sampeyan.. lha wong motor situ.. ya to?
  5. isi lagi tangki bahan bakar sampeyan sampe FULL lagi..
  6. catet berapa liter bahan bakar yang dibutuhkan untuk mengisi FULL lagi.. ini yang penting..
    waktu saya mengisi FULL, membutuhkan 2.328 liter
  7. catet juga berapa jarak tempuh di tripmeter, atau angka yang ditunjukkan odometer.. Di odometer saya 8997.4 km

dan selesailah segala urusan catat mencatat. berdasarkan definisi abal abal saya tentang konsumsi bahan bakar, dengan satuan km/lt, kita sudah mendapatkan dua variabel yang dibutuhkan..

  1. jarak: 8997.4 km – 8914.0 km = 83.4km
  2. konsumsi: 2.328 lt

jadi konsumsi bahan bakar si Bluekuthux adalah 83.4km/2.328lt = 35.825 km/lt

gampang to? jadi tiap liter bahan bakar buat si Bluekuthux bisa mengantar sang penunggang sejauh sekitar 35 km.. :-)

  1. aan says:

    Cerdas sekali bung tupik, kalo berkenan mampir ke lapak ane bung: http://lensam42.blogspot.com/
    sapa tau ada yang nyantol :D

    [Reply]

  2. toni says:

    wahh,,terimakasih bung,,atas tutorialnya,,,akirnya ngerti juga sayaaa

    [Reply]

  3. Danahakase says:

    Mantabb bgt turtorialnya bung!! Thks!

    [Reply]

  4. andi says:

    wah keren mas artikelnya, salam kenal yah

    [Reply]

  5. sya rif says:

    makasi kang…..

    [Reply]

*